Fun FactsnavigationUB LecturersUncategorized

Standar Mutu 2017 untuk UB Yang Makin Bermutu, Berdaya Saing dan Bereputasi

By January 20, 2018 No Comments

Setiap perguruan tinggi wajib merumuskan, menetapkan dan berusaha mencapai standar pendidikan tinggi. Hal tersebut didasari oleh Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi, dan Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

Acuan Standar Mutu UB

Acuan Standar Mutu UB

Untuk itu, sesuai visi-misi, milestone pencapaian UB, Renstra UB 2015-2019 dan Kebijakan SPMI UB, maka diterbitkan Peraturan Universitas Brawijaya Nomor 1 Tahun 2017 tentang Standar Mutu Universitas Brawijaya (SM UB) Tahun 2017. Peraturan universitas ini disusun dan diujicoba selama hampir tiga tahun, hingga akhirnya disetujui oleh Senat Universitas 26 Oktober 2017 dan disahkan Rektor pada tanggal 22 Nopember 2017.

Standar Mutu UB memiliki empat bagian utama, yaitu Standar Mutu Bidang Pendidikan, Standar Mutu Bidang Penelitian, Standar Mutu Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, dan Standar Mutu Bidang Kerjasama. Masing-masing bagian tersebut mengandung butir dan sub butir standar yang meliputi input, proses, output dan outcome. Dengan demikian, SM UB ini merupakan blended standard yang telah melampaui SN Dikti dan memenuhi beberapa standar lain di tingkat nasional dan di tingkat internasional.

Ruang Lingkup Standar Mutu UB

Ruang Lingkup Standar Mutu UB

Dengan mengikuti Pedoman SPM Dikti 2017 yang diterbitkan oleh Direktorat Penjaminan Mutu Ditbelmawa Kemenristekdikti, SM UB wajib menjadi acuan semua unit kerja, baik Unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA), maupun Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA). Setiap unit kerja memiliki tanggungjawab secara sendiri-sendiri atau bersama-sama menerapkan, mencapai standar kinerja dan indikator target capaian sesuai SM UB.

Tujuan dan sifat SM UB

Tujuan dan sifat SM UB

Selanjutnya, dalam upaya untuk mengendalikan capaian SM UB, Rektor akan melakukan sosialisasi, menerapkan dan menugaskan Pusat Jaminan Mutu (PJM) untuk mengkoordinir pelaksanaan Audit Internal Mutu (AIM) capaian SM tersebut. Jika standar telah tercapai, dilakukan peningkatan standar, sehingga siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) standar SPMI tercapai.

Leave a Reply