UB Lecturers

Teliti Kepemimpinan Transformasional dan Teknologi Informasi, Dirut PT Pupuk Kaltim Lulus Ujian Doktor

By December 27, 2018 No Comments

Sidang akhir Disertasi Ir. Achmad Bakir Pasaman, MM., MH., dari Program Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) telah selesai dilaksanakan, pada Jumat (21/12). Bakir yang merupakan Direktur Utama PT Pupuk Kaltim menjelaskan penelitiannya tentang “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Teknologi Informasi terhadap Pembelajaran Organisasi dan Perubahan Organisasi serta Dampaknya pada Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Pupuk Kaltim 2018).”

Dalam kajiannya, Bakir mengatakan ada maksud untuk menguji dan menjelaskan pengaruh dari berbagai macam variabel, di antaranya Kepemimpinan Transformasional terhadap Pembelajaran Organisasi, Kepemimpinan Transformasional terhadap Perubahan Organisasi, Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, Pembelajaran Organisasi terhadap Perubahan Organisasi, Teknologi Informasi terhadap Pembelajaran Organisasi, Teknologi Informasi terhadap Perubahan Organisasi, Teknologi Informasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, Perubahan Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan terakhir Pembelajaran Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.

“Saat ini, perusahaan banyak mengalami tantangan kondisi makro di dunia operasional. Tidak dipungkiri juga bahwa era revolusi industri 4.0 berpengaruh juga dalam dunia usaha,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, dengan adanya era disrupsi tentu saja akan mengakibatkan perusahaan harus bertahan untuk mempertahankan daya saingnya. Menurut Bakir, faktor-faktor tersebut merupakan pendukung adanya perubahan bagi setiap perusahaan.

Data sampel sendiri terdiri dari 207 responden karyawan pada PT Pupuk Kaltim yang dipilih secara proportional stratified random sampling dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) sengan WarpPLS.

“Hasil pengujian model struktural menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap Pembelajaran Organisasi dan Perubahan Organisasi. Selain itu, Pembelajaran Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Organisasi. Teknologi Informasi berpengaruh signifikan terhadap Pembelajaran Organisasi, Perubahan Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan. Lebih lanjut, Perubahan Organisasi dan Pembelajaran Organisasi juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Namun, Kepemimpinan Transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan,” tukas Bakir. Hasil signifikan diukur dari tingkat prosentase sebanyak lebih dari 5%.

Menurutnya, temuan pada penelitian tersebut berimplikasi bahwa Perubahan Organisasi mampu berjalan dengan baik jika memperhatikan faktor Kepemimpinan Transformasional, Teknologi Informasi dan Pembelajaran Organisasi. Besarnya tingkat interaksi antara pemimpin dengan karyawan dan proes pembelajaran organisasi akan mendorong penerimaan dan keberlanjutan dari Perubahan Organisasi sehingga pada akhirnya akan meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan.

Sidang Disertasi yang bertempat di Gedung A FIA UB lantai 4 ini mengundang penguji luar dari Universitas Negeri Jember, yaitu Prof. Dr. Andi Sukarso, M.Sm; dan Universitas Indonesia, yaitu Prof. Dr. Martani Husaini, M.BA. Adapun penguji dari Universitas Brawijaya, diantaranya Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE, M.Com; Muhammad Iqbal, S.Sos., M.IB.. D.BA; Tri Wulida Afrianty, M.Si., MHRN., Ph.D.; dan Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si. Selain itu, turut hadir pula para promotor, diantaranya Prof. Dr. Umar Nimran, MA; Dr. Kusdi Raharjo, DEA.; dan Dr. Hamidah Nayati Utami, M.Si.

Leave a Reply